https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE DAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU LKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA | Harini | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE DAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU LKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Ajeng Harini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa yang dikenai model pembelajaran Pictorial Riddle (PR) atau siswa yang dikenai model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT).Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 27 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 6 kelas.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D dan VIII E yang diambil secara Simple Random Sampling.Pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu metode dokumentasi dan metode tes.Instrumen yang digunakan yaitu soal tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji hipotesis ekor kanan dengan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran Pictorial Riddle (PR) lebih baik dari pada dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas VIII semester 2 SMP N 27 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014.

 

Kata kunci: Pictorial Riddle (PR),  Numbered Head Together (NHT), prestasi belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i2.1832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.